Minggu, 29 Juni 2008

yes! we're happy! (part one)

jarum jam di kamar gw mengarah ke angka 9, trus 30 menit lebihnya (penting?) hiehie..ummm.. baru sejam yang lalu gw menginjakkan kaki di rumah, setelah sabtu kemaren gw menghilang dari peredaran dunia maya, kota bandung dan sekitarnya. gak peduli quota speedy yang udah over limit, gw tetep bertekad bulet membagi cerita yang gw dapet selama dua hari di Desa Sirna Jaya.

spanduk hasil terima beres (makasih kang ery!)

berangkat dari hotel panghegar.. rombongan kita terdiri dari 9 rotaractor dan 5 rotarian diangkut sama 3 mobil yang siap tempur phanter touring, escudo 2.0 dan pazero. sebenernya 4 mobil.. mobil terakhir adalah landrover yang mengangkut bibit pohon. tapi mobil yang satu ini gak ikut dalam iring-iringan. jadi, berangkatlah kita menuju Garut sekitar jam 9 pagi.

kali ini gw berkesempatan mengunjungi desa Sirna Jaya. sekitar 20 km dari Garut, Jawa Barat. desa terakhir yang ada tepat di bawah kaki Gunung Papandayan. yah.. inti dari kunjungan gw selama dua hari disana adalah bakti sosial. Dengan medan jalan yang ekstreem (baca : sedan atau mobil mewah lainnya dilarang melintas) cukup deh senam jantung selama setengah jam menuju lokasi. mana om minto tuh bawa mobilnya sedikit mengerikan. huww..

andi, nined, yudi, tezar, ajeng n ivan (yang motoin nidal ^^)

pas sampe.. hmm.. gw langsung jatuh cinta sama desa ini. kereeen.. dibelakang desa itu keliatan banget kawah gunung papandayan, trus barusan gunung yang mulai ketetup sama awan. suasananya dingin dan nyaman, gw suka banget sama masyarakatnya. mereka selalu tersenyum dan terlihat sekali bahwa mereka mensyukuri apa yang mereka punya. mereka hidup dengan sangat-sangat sederhana dan mereka tidak pernah merasa terbebani oleh itu semua. menyenangkan! dan yang paling asik lagi.. pas sampe kita disuguhin makanan pembuka labu dan ubi yang cuma direbus.. enaaaaaak banget. makan siangnya kita pake ikan asin, sambel terasi, tahu, lalap dan nasi panas. gak usah ditanya deh gimana nikmatnya. anak-anak pada khilaf semua.. gak ada satupun yang gak nambah makannya, termasuk gw ^^

hidangan makan siang

beres makan siang.. kita istirahat trus menyiapkan semua keperluan untuk acara nanti malam..trus agak sore, kita dianter sama mang ipin menuju danau dan lokasi penanaman pohon yang ada di deket desa (deket?) hehehe, yaah.. lumayan lah buat melatih pernafasan. nanjak bo..!

ivan, nidal, ajeng dan tante lia (yang cantik) menuju danau ciseupan

oiah.. malemnya kita mau menghibur masyarakat desa. nonton lanyar tancep. dan baru kali ini gw liat anak-anak kecil sangat sumringah ngeliat semua proses persiapan berjalan.. mulai dari layar yang dibentangkan, sampe proses persiapan pemutaran film. nidal temen gw dari medan yang mendadak jadi artis ibukota dikerubutin sama anak kecil yang terheran-heran dengan laptop yang dibawanya.

nidal dan nined.. artis ibukota yang enggak banget ^^

akhirnya. setelah semua siap. kita nonton tuh film yang asik banget. cerita tentang upaya masyarakat menyelamatkan hutan papandayan, "sui utik" tentang kearifan lokal masyarakat kalimantan barat dan terahir.. naga bonar jadi dua.. oiah, ajeng agak mangkir dari tugas, harusnya kan gw jadi MC. tapi gw gak bisa bahasa sunda.. apa kata dunia? hehehe.. jadi dengan sangat memohon gw minta kang ardhi (sahabat lingkungan dari YPBB) untuk ngegantiin gw jadi MC. ditengah-tengah film.. kita kasih doorprize buat masyarakat desa. dan kali ini giliran tante lia yang jadi artis.

tante lia dengan doorprize'nya

gw agak terharu yah.. gw liat semua orang tertawa dan sangat terhibur disana. terutama anak-anak kecilnya. semuanya masih sangat polos.. yang lucu tuh, mereka tampak sangat tertarik dengan landrover punya'nya kang ayut. mereka sampe megang-megang dan ngelilingin tu mobil dengan wajah sangat antusias dan terheran-heran. lucu banget deh liatnya. gw gak akan pernah nemuin hal seperti ini di bandung.

selesai pertunjukan jam 1 malem. sebenernya, jam 12 gw udah tepar.. gak kuat.. dingin abis. gw ngungsi deh ke dapurnya mang ipin. bareng sama kang ardhi, kang dedi, kang usan dan kebulan asep dari tungku masak. lebih baik.. ketimbang gw harus beku di luar. trus pas pertunjukan udah beres, gw masuk rumah yang emang udah disedian buat kita. kebetulan gw tidur bareng sama cowo-cowo itu di satu ruangan. gak ada pilihan lain. secara gw cuma satu-satunya cewe. setelah menentukan posisi.., gw ada di posisi paling pinggir deket pintu masuk. (logikanya.. biar gw gampang kabur kalo mereka macem-macem) trus kata mereka "maaf ya jeng.. kita gak minat!" hehhehee.. trus, kita semua langsung menjelma jadi kepompong. masuk ke dalem sleeping bag, saling menghina dan ketawa-ketawa sebelum tidur, saling melempar tugas untuk matiin lampu dan akhirnya semua terlelap.

gak terlelap juga siyh.. gw yakin semua anak gak ada yang bisa tidur dengan tenang. dingiiiiiin banget. andi yang paling gelisah tidurnya.. tu anak semua posisi dicobain.. tengkurep, telentang, nungging, miring kanan-kiri.. wuihh.. ribet deh pokoknya. trus tengah malem gw pengen ke WC. pas gw liat jam 3. WCnya sangat jauh dari perkiraan. gak semua rumah ada WC.. nah, kebetulan rumah tempat gw tinggal gak ada WCnya. jadi kalo mau harus nyebrang dulu ke mushola yahh.. jaraknya sekitar 100 meter dari rumah. hh.. gw ngintip ke jendela.. bener2 gelep gulita. serem banget. untung akhirnya ivan mau nemenin gw.

jam 4, gw baru bisa tidur nyenyak dan gak sabar menunggu pagi..



_tungguCeritaSelanjutnya!_


2 komentar:

Mujtahid Abdulhaq mengatakan...

waw... seu banged tuh kanyanya...jadi pengen ikutan jalan2...rame2...ditunggu cerita selanjutnya yah... =)

Nidal Baghdad mengatakan...

wahhh....
esmossi nih...
gw mang artis ibu kota tau..hehehhe
lw kagak tau ja sih....
ditunggu lagi lanjutannya...
cukup menyenangkan blog nya..
sekalian buatin blog buat rotarack ya...
coz gw juga gi banyak kerjaan nih,,hehehehe
yuk tha..tha.. bubye...

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates