Kamis, 05 Juni 2008

Faro, Fachri dan Kak Sekar

hiyaaaaaaa.. ini hari pertama gw ketemu 2 mahluk kecil ituh.Yap. ini hari pertama gw ngajar privat..

pertama dateng, gw udah disambut sama teriakan Faro. "Abaaaaaaaang Juneeeed..!! Guru lesnya udah dateng!!! cepetaaaaan.." deg.. gila yah.. bikin jiper aja. gak perlu teriak-teriak gitu kali. gw siyh cuma senyum-senyum aja. sambil terus berdoa, semoga ni anak gak senakal penampilan luar dan teriakan-nya. trus 2 anak yang hampir postur badannya mirip muncul dari balik pintu dan mereka langsung lari nyamperin gw, cium tangan dan memperkenalkan diri.
"Aku Faro!" dan gw langsung tau, bahwa Faro adalah sang abang, kelas 3 SD Banda. dan si adik namanya Fachri, kelas 1 SD Banjarsari.

pertama gw berusaha mengendalikan Fachri. gw tanya macem-macem deh.. mulai dari kapan ulangan umum, tadi disekolah belajar apa dan lain-lain. ni anak awalnya lumayan anteng. justru si abang yang dari awal ketemu gw, dya udah memberikan perintah.. "kakak, aku punya tugas! nih.." trus gw disodorin selembar kertas photokopian yang udah lecek, ada gambar anggurnya. trus gw disuruh bikin tu anggur berwarna. pake kertas lipet.. alhasil gw ngeguntingin kertas lipet jadi bulet-bulet n Faro yang nempel-nempelin ke kertas putih yang udah lecek tadi.

si adik yang sirik berat, dangan polosnya nanya "kok abang belajarnya asik banget. gak disuruh ngerjain soal, gak kaya ade" nah loh.. mulai deh keluar pertanyaan-pertanyaan aneh yang sulit dijawab. trus Fachri pake acara ngotot segala lagi "abang, anggur tuh warnanya ungu. kok kuning sih!!" si abang gak terima di protes ade'nya "BIARIN!! ade diem aja!" suasana memanas.. sementara gw berusaha mengeluarkan kemampuan multitasking gw. membagi konsentrasi ke abang dan ade biar gak terjadi smack down di ruang tamu. nakalnya kalian.

lama kelamaan, si abang semakin melunak.. dya selalu ingin cerita. "kak sekar, aku sering di setrap lohh.." Faro mengucapkan dengan bangga. anak yang aneh. trus "kak sekar, aku di sekolah jago main bola. kakak piala euro 2008 mau dukung syapa?" DOENG! buset..! boro-boro mau dukung syapa, euro mulainya kapan aja gw gak tau. hehehe.., trus gw asal jawab. "Itali dong..!" si abang teriak kegirangan.. "aaaaaakuuuu jugaaaa!! kakak suka pemain yang mana?" duuuh.. mampus gw! salah ngomong.

sebenernya, hal yang paling gw seneng dalam proses ngajar adalah mendengarkan mereka bercerita, dan selalu manggil nama gw diawal ceritanya.. oiah, mereka suka kasih gw tebak-tebakan.. "Kak Sekar, kalo Bakso dibalik apa?" sambil baca LKSnya Fachri gw ngejawab "tumpah.." gw ngelirik, Faro tampak kecewa tebakannya dengan mudah dijawab sama gw. trus dya nanya lagi "kalo lele yang dipinggir jalan apa kak?" gw jawab "lelepon umum". Faro pantang menyerah "Gajah ilang matanya jadi apa?" gw jawab "jadi buta". trus faro langsung ngeluh.. "aaaaah.. kak sekar mah kepinteran. gak asik!" hahaha.. loh kok jadi gw yang disalahin?

Fachri mulai nakal. dya gak suka kalo disuruh ngerjain LKS, karna dya harus nulis. dan dya selalu cari alesan buat gak ngerjain tu LKS. "kakak.. ade cape. ade tadi tu abis olahraga jadi tangannya masih pegel" hahaha.. alasan anak kelas 1 SD. trus dya makin sirik sama abangnya. Faro yang emang cerdas, dengan cepet menghafal, trus berhasil menjawab semua pertanyaan gw dengan benar dan sempurna. tapi alhamdulillah deh.., gw berhasil menjinakkan dua mahluk kecil itu. intinya siyh mendengarkan. mereka seneng kalo kita antusias dengerin ceritanya mereka.

Cita-cita gw sederhana. semoga suatu saat mereka kangen sama kak sekar bukan kan karna kak sekar suka bawa oleh-oleh. tapi karna mereka emang pengen belajar.



_PengalamanBaru_


0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates